Info Seputar Biologi & Kesehatan

Pengertian Metode Ilmiah Biologi, Contoh & Langkah Langkahnya

Metode Ilmiah adalah salah satu faktor penting dalam menentukan perkembangan atau kemajuan sebuah ilmu pengetahuan, tak terkecuali Biologi. Karena itu, metode ilmiah Biologi perlu diperkenalkan sejak dini seperti di kelas 10 SMA. Setidaknya para siswa/murid dapat memahami pengeritan, langkah-langkah, mapun contoh sederhana dari metode ilmiah.

Mungkin ketika Anda dulu masih SD atau SMP, pernahkah Anda diminta mengamati perkecambahan tumbuhan kacang hijau. Dimana yang sebagian ditanam di tempat terang, sebagian lagi ditanam di tempat gelap. Apa yang terlintas di pikiran saat itu? Silakan jawab sendiri. Nah, agar paham dan tahu maksudnya silakan pahami penjelasan berikut ini.

Metode Ilmiah

Sebelum ditemukan yang namanya metode ilmiah, pengetahuan diperoleh dengan berbagai cara yaitu intuisi, prasangka, dan coba-coba (trial and error).

Intuisi adalah pengetahuan yang didasarkan pada pengetahuan seseorang yang terdahulu melalui proses yang tidak disadari atau muncul begitu saja, istilah orang jawa mengatakan “wangsit” atau ada juga yang menyebutnya “ilham”. Pengetahuan semacam ini kadang-kadang memang ada yang benar, namun biasanya sangat sulit untuk dibuktikan.

Sedangkan prasangka merupakan pengetahuan yang didasarkan pada anggapan yang diyakini namun masih belum tentu kebenarannya. Pengetahuan semacam ini juga kadang-kadang juga ada benarnya, namun kadang juga salah, dan pastinya masih belum bisa dibuktikan secara logis dan ilmiah.

Sedangkan trial and error merupakan pengetahuan yang diperoleh dari jalan melakukan coba-coba atau untung-untungan. Jadi sama saja, kadang-kadang menemukan hal yang benar, dan sebaliknya kadang juga salah.

Metode Ilmiah Biologi

metode ilmiah biologi, contoh, langkah-langkah, pengertian
Pengetahuan yang diperoleh dari cara-cara di atas tentunya sudah tidak relevan lagi dengan keadaan zaman sekarang, karena kebenarannya tidak dapat dibuktikan secara ilmiah. Karena pengetahuan dikatakan ilmiah bila memenuhi beberapa syarat, diantaranya:
  • Memiliki objek kajian
  • Memiliki metode
  • Bersifat sistematis
  • Bersifat universal (berlaku umum)
  • Bersifat objektif (apa adanya)
  • Bersifat analitis
  • Bersifat verifikatif

Poin-poin di atas merupakan ciri biologi sebagai ilmu pengetahuan. Penjelasan selengkapnya bisa anda baca di artikel Ciri-Ciri Biologi Sebagai Ilmu Pengetahuan, dengan klik link berikut.

Baca Juga: Ciri Ciri Biologi

Inilah yang menjadi alasan bahwa metode ilmiah merupakan hal yang penting bagi suatu ilmu pengetahuan. Biologi juga dikembangkan dengan metode ilmiah, karenanya kesimpulan yang ditarik harus sah, benar, dapat dibuktikan, tidak hanya berdasar pada persepsi peneliti tetapi juga dari data-data fakta di lapangan (kehidupan nyata).

Metode ilmiah merupakan proses berpikir secara deduktif dan induktif. Berpikir deduktif artinya berpikir dari hal yang bersifat umum ke hal yang bersifat khusus, contohnya adalah proses membuat sebuah hipotesis. Sedangkan berpikir induktif artinya berpikir dari hal yang bersifat khusus ke hal yang bersifat umum, contohnya saat membuat sebuah kesimpulan berdasarkan data dan analisis.

Nah, supaya Anda memiliki gambaran tentang metode ilmiah, silakan perhatikan bagan berikut ini.

metode ilmiah biologi, contoh, langkah-langkah, pengertian
metode ilmiah biologi, contoh, langkah-langkah, pengertian

Langkah-Langkah Metode Ilmiah Biologi

Berdasarkan gambar di atas, dapat diketahui bahwa langkah-langkah metode ilmiah biologi meliputi tahapan berikut ini.

1. Mengidentifikasi Masalah
Melakukan pengamatan di sekitar kita, dan menemukan masalah yang memang benar-benar ada atau memunculkan permasalah yang awalnya tidak ada.

2. Rumusan Masalah
Masalah yang diperoleh dirumuskan dalam sebuah pertanyaan, seperti apakah, mengapa, bagaimana, tentang permasalahan yang ingin diteliti.

3. Hipotesis
Hipotesis merupakan dugaan (jawaban) sementara dari rumusan masalah yang diteliti. Hipotesis ini masih sebatas kemungkinan-kemungkinan yang belum pasti dan perlu diteliti lebih lanjut nantinya.

4. Rancangan Penelitian
Dalam rancangan penelitian perlu ditentukan secara detail mengenai metode penelitian yang digunakan, variabel penelitian (kontrol & bebas), alat dan bahan, teknik analisis data, waktu dan tempat, dan hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum penelitian dilaksanakan

5. Eksperimen
Eksperimen atau percobaan yang dilakukan harus sesuai dengan rancangan atau langkah-langkahnya. Dalam prosesnya juga akan diperoleh data-data percobaan.

6. Analisis
Data-data eksperimen yang telah diperoleh bisa berupa data kuantitatif (berupa angka-angka) seperti berat, tinggi, dst. Atau juga dapat berupa data kualitatif seperti warna, tekstur, dst. Data-data tersebut kemudian diolah dan dianalisis secara statistik.

7. Kesimpulan
Kesimpulan yang diambil adalah berdasar dari data yang telah dianalisis, apakah mendukung hipotesis ataukah menolak hipotesis.

8. Laporan
Semua proses dari awal hingga akhir penelian disusun dalam sebuah format laporan penelitian atau percobaan yang nantinya dapat digunakan untuk publikasi atau penyampaian data ke masyarakat.

Penjelasan secara detail mengenai langkah-langkah metode ilmiah, silakan simak pada artikel berikut.


Contoh Metode Ilmiah Biologi

Contoh sederhana dalam menerapkan metode ilmiah biologi misalnya mengamati proses pertumbuhan kacang hijau. Dalam percobaan ini biasanya untuk mengamati pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan kacang hijau. Coba pikirkan dan lakukan pengamatan nanti, apa yang terjadi jika biji tumbuhan kacang hijau ditanam dalam ruang gelap, dan apa yang terjadi jika ditanam di luar ruangan yang penuh dengan cahaya.

Jika sudah cukup memahaminya, silakan lakukan percobaan seperti pada contoh metode ilmiah penelitian tumbuhan kacang hijau. Selengkapnya silakan klik link berikut.

Baca Juga: Contoh Metode Ilmiah Kacang Hijau

Nah, itu saja penjelasan mengenai metode ilmiah biologi yang memang tidak bida dijelaskan semuanya secara detail dalam satu artikel ini. Oleh karenanya, silakan kunjungi beberapa materi yang masih berhubungan dengan metode ilmiah biologi di artikel lainnya agar jelas dan paham. Oke, itu saja dan semoga bermanfaat.
Author: Lukman Oim Title: Pengertian Metode Ilmiah Biologi, Contoh & Langkah Langkahnya Rating: 4.5
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
biologikesehatan
Tags :

Populer Lainnya : Pengertian Metode Ilmiah Biologi, Contoh & Langkah Langkahnya

1 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete