Info Seputar Biologi & Kesehatan

Buah Tanpa Biji Melalui Rekayasa Jumlah Kromosom

Buah Tanpa Biji Melalui Rekayasa Jumlah Kromosom - Mungkin masih banyak orang (termasuk penulis) yang belum mengerti dengan jelas dan detail mengenai asal usul buah tanpa biji atau bagaimana buah tanpa biji itu dibuat atau diciptakan (lebih tepatnya direkayasa).

Sampai pada suatu ketika saat penulis mengikuti perkuliahan tentang Genetika yang kebetulan dosennya adalah dosen yang telah lulus kuliah S2 di luar negeri, dan membuktikan sendiri bagaimana buah tanpa biji itu dibuat dan direkayasa sedemikian mudahnya, kata Pak Dosen. Barulah setelah perkuliahan itu, bagaimana Buah Tanpa Biji Melalui Rekayasa Jumlah Kromosom bisa dipahami, walaupun belum bisa paktek secara langsung di kampus, maklum karena kendala alat dan lain-lain yang belum tersedia di Indonesia.

Buah tanpa biji memang telah lama dan mungkin telah ada di Indonesia. Namun sampai saat ini, nampaknya belum bebas beredar di pasaran, apalagi dengan harga yang terjangkau. Entah apa penyebabnya, tidak akan dijelaskan disini. Berbagai referensi ada yang menyatakan bahwa buah tanpa biji tercipta akibat mutasi, persilangan atau kombinasi, dengan hormon tertentu, dan ada juga sumber yang menyebutkan buah tanpa biji terbentuk melalui partenokarpi.

Semua itu dapat disimpulkan adalah hal yang kebetulan. Tentu saja hal yang kebetulan tidak dapat diprediksi keberhasilannya dan hasil yang diharapkan mungkin juga tidak akan maksimal. Dan dari itu semua Anda bisa menyimpulkan sendiri kenapa Indonesia belum bisa merasakan Buah Tanpa Biji secara luas.

Karena itulah, Biolearning Center akan berbagi pengetahuan tentang Buah Tanpa Biji Melalui Rekayasa Jumlah Kromosom.

Reproduksi Tumbuhan Biji

Gambar di atas merupakan proses repdoduksi tumbuhan berbiji (spermatophyta) secara normal.
Perhatikan gambar yang diberi kotak. Gambar tersebut adalah bakal (1) biji dan (2) buah, yang merupakan bagian pangkal dari putik. Bakal biji (Ovule) jika diperbesar lagi maka akan terliat sel dengan inti yang berjumlah 8 inti. Delapan inti tersebut diantaranya terdiri dari Egg atau sel telur (ovum) dg kromosom haploid (n) yaitu setengah dari kromosom induknya, ada juga inti kandung lembara sekunder (2n).
Perhatikan warnanya, Biru adalah haploid (n), COklat adalah diploid (2n), dan merah adalah triploid (3n).
bakal biji & buah
1. bakal biji   2. bakal buah
Secara alami, tumbuhan berbiji & berbuah memiliki kemampuan untuk menghasilkan keturunan baru melalui biji. Biji yang telah keluar dari buahnya dan berada dalam kondisi yang cocok akan berkecambah dan tumbuh menjadi individu baru.

Bagian utama biji tersusun atas zigot dan endosperm. Zigot (2n) terbentuk dari meleburnya ovum (n) + spora (n), sehingga dihasilkan zigot (2n). Zigot inilah nantinya akan menjadi calon tumbuhan baru yang akan tumbuh menjadi akar, batang, dan daun.
Sedangkan endosperm (3n) terbentuk dari peleburan antara inti kandung lembara sekunder (2n) + spora (n), sehingga terbentuklah endosperm (3n).
Spora (serbuk sari) dihasilkan oleh benang sari, sehingga spora disebut juga sebagai alat reproduksi jantan. Jadi.

Bagaimana buah tanpa biji bisa dibuat dengan rekayasa kromosom?

Caranya cukup sederhana, yaitu menyilangkan induk tumbuhan normal yang kromosomnya 2n (diploid) dengan tumbuhan yang kromosomnya 4n (tetraploid). Karena saat gametogenesis tumbuhan 2n akan menghasilkan gamet n (haploid), sedangkan tumbuhan 4n akan menghasilkan gamet 2n.
n + 2n = 3n | Biji tidak akan terbentuk dengan kromosom 3n.
Agar lebih mudah, saat masing-masing tumbuhan telah berbunga maka tumbuhan 4n (tetraploid) dipotong benang sarinya kemudian dioleskan pada putik dari tumbuhan 2n (normal). Karena serbuk sari (2n) bertemu dengan ovum (n) maka dalam proses fertilisasinya tidak akan dihasilkan biji. Namun buah akan tetap berkembang menjadi buah. Sehingga terbentuklah Buah Tanpa Biji Melalui Rekayasa Jumlah Kromosom.
Lalu..

Bagaimana Cara Mendapatkan Tumbuhan Induk Tetraploid (4n).

Nantikan artikel berikutnya dan seringlah berkunjung di Biolearning Center.
Demikian sharing ilmu tentang Buah Tanpa Bji Melalui Rekayasa Jumlah Kromosom, semoga memberikan manfaat. Jika ada kesalahan penulis mohon maaf, karena penulis hanya mencoba untuk berbagi ilmu yang telah diperolehnya di perkuliahan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
biologikesehatan
Tags :

Populer Lainnya : Buah Tanpa Biji Melalui Rekayasa Jumlah Kromosom

1 comments: