Info Seputar Biologi & Kesehatan

Keanekaragaman Fauna Indonesia

Keanekaragaman Fauna Indonesia -  Fauna Indonesia mempunyai kekhasan sendiri. Kekhasan inilah yang menimbulkan minat ilmuwan untuk datang ke Indonesia, salah satunya adalah Alfred Russel Wallace. Wilayah Indonesia memiliki kekayaan fauna yang sangat beragam. Keragaman fauna ini karena berbagai hal sebagai berikut.
  • Terletak di daerah tropik, sehingga mempunyai hutan hujan tropis (tropical rain forest) yang kaya akan tumbuhan dan hewan hutan tropis.
  • Terletak di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia.
  • Merupakan negara kepulauan, hal ini menyebabkan setiap pulau memungkinkan tumbuh dan persebaran hewan dan tumbuhan khas tertentu sesuai dengan kondisi alamnya.
  • Indonesia terletak di dua kawasan persebaran fauna dunia yaitu Australia dan oriental.

Di antara Dangkalan Sunda dan Dangkalan Sahul terdapat peraian laut dalam. Perairan ini terdapat di Pulau Sulawesi, Kepulauan Nusa Tenggara, dan pulau-pulau kecil lainnya. Kawasan ini dikenal dengan nama Wallacea. Wallace memberi batas antara kawasan Dangkalan Sunda dan kawasan Wallacea dengan garis Wallace. Garis ini untuk menunjukkan pembagian fauna yang sangat berbeda antara kawasan tipe Asiatis dari kawasan Wallacea.

Keanekaragaman Fauna di Indonesia

Selanjutnya, antara kawasan ini dengan kawasan Dangkalan Sahul dipisahkan oleh garis Weber untuk menunjukkan pembagian jenis faunanya. Kawasan Wallacea selain memiliki fauna yang bersifat endemik yaitu anoa, komodo, dan babi rusa, juga memiliki fauna peralihan dari kawasan Asiatis dan Australis. Oleh karena itu, fauna yang ada di kawasan Wallace disebut tipe peralihan.

a. Fauna Asiatis
Meliputi daerah belahan barat Indonesia yaitu Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Bali. Fauna Asiatis menunjukkan kesamaan dengan fauna Asia. Di sini terdapat hewan menyusui (mamalia) yang besar, seperti gajah, harimau, banteng, dan badak. Misalnya, gajah Sumatra sama jenisnya dengan gajah India. Badak bercula terdapat di India, Myanmar, Thailand, Vietnam, Semenanjung Malaya, Sumatra, dan Jawa. Fauna kawasan Indonesia bagian barat sering disebut fauna Dangkalan Sunda. Jenis-jenis fauna di Indonesia bagian barat dapat dilihat dalam tabel berikut.

b. Fauna Australis
Wilayah ini sering disebut wilayah fauna Dangkalan Sunda. Meliputi fauna yang terdapat di bagian timur Kepulauan Indonesia yaitu Papua dan Kepulauan Aru. Fauna daerah ini mirip dengan fauna Australia. Jenis hewan berkantong seperti Wallabi (kanguru) dan aneka burung terdapat di Papua. Kanguru pohon di Papua juga terdapat di Australia. Sedangkan burung cendrawasih di Papua juga terdapat di Papua Nugini dan Australia.

c. Fauna Peralihan
Meliputi Sulawesi, Maluku, dan seluruh Nusa Tenggara. Jenis faunanya merupakan fauna Asiatis dan Australis juga jenis fauna yang tidak terdapat pada keduanya. Misalnya seperti anoa, babi rusa di Sulawesi, dan komodo di Pulau Komodo.
Contoh fauna lainnya antara lain babi rusa, ikan duyung, tarsius, monyet hitam, sapi, banteng, dan kuda. Jenis reptil meliputi biawak, buaya, kura-kura, dan ular. Jenis burung meliputi dewata, raja udang, pemakan lebah, dan rangkong.

Nah, itulah berbagai keanekaragaman fauna di Indonesia. Jika masih ada yang kurang jelas silakan tanyakan melalui komentar atau via Contact pesan. Terima kasih atas kunjungannya.

Jika ingin download materinya dalam bentuk PPT atau PDF, silakan klik link berikut
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
biologikesehatan
Tags :

Populer Lainnya : Keanekaragaman Fauna Indonesia

1 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete